Custom 2

Home About Us Anchorage Bleaching Vit. C Blog Capit Lemak Contact FAQ Foto Alat Foto Pasien Guest Book Implant Biofibre Laser Nd:YAG Map Setrika Wajah(RF) Rekor Penurunan BB Slide Show Testimony V Thread Lift Filler

Implant Biofibre

Penanaman Biofibre

  1. Implant Biofibre adalah teknik non-traumatic (tanpa bedah) untuk menanam Biofibre® dilakukan dengan bius lokal, memungkinkan mengembalikan sejumlah rambut yang diinginkan dalam waktu singkat. Biofibre® adalah polyamide monofilament dengan akar yang dapat dicabut, elastis, tahan terhadap tarikan, biocompatible (dapat diterima tubuh), diameter 80 µm, tersedia berbagai warna dan bentuk dari pirang sampai hitam, dari yang lurus sampai  keriting, panjang standard 15 cm.
  2. Fungsinya sebagai pengganti rambut bagi kebotakan yang tidak bisa tumbuh rambut lagi seperti bekas luka bakar, kulit kepala yang sudah tak ada pori-pori lagi, area kebotakan yang luas sehingga tak mungkin dilakukan transplantasi rambut. Biofibre ditanam berdampingan dengan rambut asli yang masih tersisa. Biofibre tidak mencegah kerontokan rambut. Biofibre mempunyai simpul yang berfungsi sebagai "akar"di bagian bawah, sehingga dapat mencegah rontoknya biofibre setelah ditanam.
  3. Tahap-tahap pengerjaan: a. Suci-hamakan (disinfeksi) sekitar area yang akan ditanam dengan disinkektan seperti chlorhexidine. b. Anestesi lokal area yang akan ditanam. c.Setelah mati rasa, Biofibre ditanam satu per satu  dengan jarak dengan rambut / Biofibre sekitarnya sekitar 2 - 4 mm, ke dalam galea capitis menggunakan implanter khusus. Pada kunjungan pertama maksimal 100 buah Biofibre saja. Lama pengerjaan untuk 100 Biofibre kira-kira  10 menit s/d 30 menit.
  4. Setelah ditanam, Biofibre dapat rontok kembali sekitar 10 - 20 % per tahun.
  5. Untuk penanaman Biofibre berikutnya, pasien harus kembali setelah 1 bulan, dengan jumlah yang dapat ditanam 500 - 800 tiap kunjungan.
  6. Perawatan lanjutan : a. Kontrol berkala agar dilakukan pembersihan kulit kepala di klinik yang melakukan implant Biofibre. b. Pembersihan kulit kepala  tiap hari dengan shampoo khusus yang ber pH 7 (netral) yang diencerkan dengan air (1 : 1), dapat digabung dengan antiseptik/antibakteri. c. Bersihkan kulit kepala dengan shampoo netral ber pH 7 (tak diencerkan) seminggu 2 - 3 kali. d. Gunakan sisir yang ber gigi lebar (tidak rapat) agar rambut/ Biofibre tak mudah tersangkut. Boleh menggunakan pelicin rambut jika kulit kepala sehat. e. Keringkan rambut dengan udara hangat (kurang dari 50oC) untuk mencegah bergelombang, jaga jarak dari Biofibre sekitar 40 cm.
  7. Untuk perawatan lanjutan dianjurkan shampoo netral ber pH 7 sebaiknya dengan penyaring ultraviolet. Dilarang menggunakan cat warna, bleaching rambut, waving permanen, pemanasan berlebih (50o) dari pengering, meluruskan rambut, menarik rambut (misal menyisir dengan kuat).
  8. Kontraindikasi: Pasien yang alergi terhadap anestesi lokal  dan bahan Biofibre (sebab tubuh akan menolak ), penyakit pada sistem kekebalan, penyakit kulit kepala yang aktif (sebab mudah timbul infeksi), orang yang berkerja di lingkungan yang tak cocok (sebab warna biofibre dapat berubah). 
  9. Tips: a. Rajin membersihkan kulit kepala agar bebas dari penyakit jamur dsb yang menyebabkan kebotakan. Jika rambut rontok cobalah atasi dengan berobat ke dokter lebih dulu. Implant Biofibre adalah langkah terakhir jika semua cara tak berhasil menumbuhkan rambut. b.Rawatlah rambut Biofibre dengan seksama. Jangan memanaskan berlebih, menggunakan cat warna atau waving permanen. Jangan menggunakan oksidator (bleaching) ataupun asam (lebih dari 5 %). c. Jangan mengganti arah Biofibre dengan paksa. Jangan meluruskan atau mengeriting Biofibre. d. Kontrol teratur setiap 1 - 2 bulan atau jika timbul keluhan seperti gatal. Pada saat kontrol, kulit kepala dibersihkan dari komedo dsb.
  10. Efek samping yang mungkin timbul: a.Infeksi jika tak dirawat dengan baik. b.Gatal jika alergi terhadap bahan. Jika ini terjadi , alergi atau infeksi diobati lebih dulu dengan antibiotik(oral dan topikal) serta kortikosteroid topikal secara terpisah atau gabungan sesuai dengan keadaan klinis pasien,biasanya infeksi sembuh sekitar 10 hari tanpa cacat tapi jika keadaan tak membaik Biofibre dicabut.Sampai saat ini belum pernah dijumpai sepsis umum dan reaksi alergi.
  11. Syarat dilakukan implant Biofibre : a. Pasien harus dalam keadaan kesehatan umum yang baik secara fisik maupun mental. b. Kebotakannya bersifat permanen.
  12. Biofibre diindikasikan untuk menutup area daerah tipis atau area botak pada kasus alopecia definitif dan  total, bahkan pada daerah parut dengan hasil estetik sbb:  a. Optimal pada penipisan rambut yang membutuhkan sampai 8.000 helai. b.Cukup bagus pada kebotakan yang membutuhkan 8.000 - 15.000 helai. c. Terbatas pada kebotakan yang membutuhkan lebih dari 15.000 helai.

6878

Dr. Ubeta Adikusnadi, MN sedang melakukan Implant Biofibre disaksikan Dr. Angelo D`ugo, presiden AIMI (Italian Association of Implant Doctors),5 September 2008 di Jakarta.

6878

Penyuntikan bius lokal sebelum tanam Biofibre.